Moto Z2 Play Vs Moto Z Play, Apakah Bedanya?

Lewat sebuah program yang dihelat di Bangkok, Thailand, pada 5 Juli lalu, Moto Z2 Play resmi diluncurkan untuk tempat Asia Tenggara. Dibandingkan Moto Z Play, Motorola mengklaim Moto Z2 Play lebih ramping, lebih ringan, dan mempunyai performa lebih cepat. Apa saja perbedaan di antara dua ponsel itu?

Lewat sebuah program yang dihelat di Bangkok Moto Z2 Play vs Moto Z Play, Apakah Bedanya?

Ketebalan. Moto Z2 Play mempunyai ketebalan hanya 5,99 milimeter. Lebih tipis daripada Moto Z Play yang 6,99 milimeter. Panjang dan lebar dua ponsel tersebut nyaris sama. Kalau Moto Z2 Play 156,2 x 76,2 milimeter, dimensi fisik Moto Z Play 156,4 x 76,4 milimeter.

Bobot. Bobot Moto Z2 Play 145 gram atau lebih ringan 20 gram ketimbang Moto Z Play.

Kapasitas baterai. Baterai yang dibenamkan ke Moto Z2 Play berkapasitas 3.000 mAh. Ya, lebih kecil daripada baterai tanam di Moto Z Play yang berkapasitas 3.510 mAh.

“Walaupun lebih kecil, daya tahan kasatmata baterai Moto Z2 Play akan setara dengan Moto Z Play. Sebab, prosesor yang dipakai di ponsel itu lebih efisien,” tegas Danny Adamopoulos, Senior Director, Portfolio and Product Operations of Asia Pacific, Lenovo Mobile Business Group & Motorola Mobility, seolah ingin menghapus keraguan konsumen.

Sayonara kaca. Permukaan sisi belakang Moto Z Play yang beredar resmi di Indonesia pada awal 2017 berbahan kaca. Agak licin dan menciptakan pengguna sering khawatir gampang tergores.

Kini saatnya berkata, “Selamat tinggal kaca!” Bagian belakang Moto Z2 Play dibentuk dari logam. Sidik jari pengguna akan lebih sulit meninggalkan bekas. Ponsel juga lebih yummy digenggam. Lebih kesat.

Prosesor. Moto Z Play memakai prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 625 dengan kecepatan hingga 2 GHz. Sedangkan Moto Z2 Play memanfaatkan generasi yang lebih baru, prosesor delapan inti Snapdragon 626 2,2 GHz.

Memori. Moto Z Play dibekali RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Kapasitas memori bawaan Moto Z2 Play lebih besar. Ponsel itu dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Lewat sebuah program yang dihelat di Bangkok Moto Z2 Play vs Moto Z Play, Apakah Bedanya?

Sensor sidik jari. Terletak di bawah layar, sensor sidik jari alias fingerprint scanner di Moto Z Play berbentuk kotak. Fungsinya untuk mengunci dan menonaktifkan pengunci layar.

Sensor sidik jari di Moto Z2 Play tampil lebih manis dan multifungsi. Bentuknya agak melingkar. Selain untuk mengunci ponsel atau sebaliknya, beliau sanggup dipakai sebagai tombol home, back, dan recent apps. Motorola menyebutnya sebagai one button navigation.

Untuk kembali ke home, pengguna cukup satu kali menyentuh sensor sidik jari di Moto Z2 Play. Sapukan jari ke kiri untuk menggantikan tombol back. Sedangkan untuk mengakses recent apps, sapukan jari ke kanan.

Versi sistem operasi. Ketika mulai dipasarkan di Indonesia pada Januari 2017, Moto Z Play memakai sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Moto Z2 Play yang mulai hari ini (10 Juli 2017) sudah bisa dipesan di beberapa situs terkemuka telah mengadopsi Android 7.1.1 Nougat.

Kamera. Kamera di sisi muka Moto Z Play maupun Moto Z2 Play sama-sama beresolusi lima megapiksel dan dilengkapi lampu kilat. Beralih ke kamera utama yang berada di sisi belakang. Kamera Moto Z Play beresolusi 16 megapiksel, sedangkan Moto Z2 Play 12 megapiksel.

Benar, di atas kertas resolusi kamera Moto Z2 Play memang menyusut. Namun, kemungkinan besar kinerja kamera Moto Z2 Play lebih bagus daripada Moto Z Play. Kamera Moto Z2 Play mengadopsi dual pixel autofocus, mempunyai sensor lebih besar, dan memakai lensa dengan bukaan lebih lebar (f/1,7 vs f/2 di Moto Z Play). Kalau di Moto Z Play fokus otomatis lasernya sanggup bekerja hingga jarak tiga meter, di Moto Z2 Play fitur serupa bisa berfungsi hingga jarak lima meter.

Harga. Saat kali pertama tiba ke Indonesia, harga ritel resmi Moto Z Play dipatok Rp 5,899 juta. Sekarang harga perdana Moto Z2 Play ditetapkan Rp 6,499 juta. Selisih harga yang mestinya cukup rasional, dengan memperhatikan aneka perbedaan yang ditemukan di antara keduanya.

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)