Review Vivo V9: Rutin Dirundung Semenjak Diluncurkan

Peluncuran Vivo V9 pada final Maret kemudian benar-benar wah. Digelar di pelataran Candi Borobudur, Magelang, program tersebut disiarkan eksklusif oleh 12 stasiun televisi. Pengisi acaranya para duta Vivo dan artis terkenal, mulai Agnez Mo, Afgan, hingga Via Vallen.

Di dunia maya, respons warganet terhadap V9 bertolak belakang dengan glamornya program peluncuran. Ponsel itu dirundung (di-bully) habis-habisan. Harga jual yang dinilai terlalu mahal dan pemakaian prosesor Snapdragon 450 menjadi pemicunya. Seberapa buruk ponsel itu? Penulis alias HSW melaksanakan uji pakai untuk mengetahuinya.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Bila HSW tak silap ingatan, V9 yaitu ponsel Android berponi pertama yang beredar resmi di Indonesia. Ia dibekali layar IPS 6,3 inci beresolusi full HD+ 2.280 x 1.080 piksel dan rasio 19:9. Bingkai yang tipis menciptakan layar itu terasa luas dan sedap dipandang mata. Selembar pelindung layar (screen protector) suplemen telah ditempelkan di layar tersebut.

Selot kartu SIM bukan hybrid tersedia di sisi kiri ponsel. Pengguna bisa menyelipkan dua nano SIM dan satu keping kartu microSD secara bersamaan. Tombol volume dan power terletak di sisi kanan ponsel. Sedangkan konektor audio, konektor micro USB, mikrofon, dan speaker berada di pecahan bawah ponsel.

Sepasang nomor yang terpasang di V9 sanggup siaga bersamaan. Nomor yang digunakan berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya masih bisa menduduki jaringan 3G.

Ponsel Android 8.1 Oreo dengan tampilan antarmuka Funtouch OS 4.0 itu kompatibel dengan layanan internet 4G LTE aneka operator di Indonesia. Nomor Telkomsel, XL, Indosat, Tri, maupun Smartfren pernah HSW padukan dengan V9. Sayang ia belum mendukung native VoLTE Smartfren.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Kamera di sisi belakang V9 berlensa ganda dengan resolusi 13 megapiksel + 2 megapiksel. Lensa kedua yang beresolusi rendah bertugas membantu menghasilkan efek bokeh. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu bisa menghasilkan klip video full HD 1080p.

Mode AR stickers dan profesional siap dieksplorasi pengguna. Ketika mode profesional diaktifkan, pengguna bebas mengubah kompensasi pencahayaan, ISO, kecepatan rana (shutter speed), dan white balance. Pilihan tingkat ISO mulai 50 hingga 3200, sedangkan kecepatan rana mulai 1/12.000 detik hingga 16 detik. Kalau mau pengguna juga bisa melaksanakan pengutamaan secara manual.

Saatnya membicarakan kamera depan. Di V9, kamera depan seolah justru menjadi kamera utama. Kamera dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) itulah yang ditonjolkan Vivo di aneka macam materi promosi V9. Kamera tersebut siap menghasilkan foto beresolusi 24 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Saat berfoto di lokasi yang temaram, pengguna bisa memfungsikan layar ponsel sebagai sumber pencahayaan tambahan.

Bagaimana kinerjanya? Menurut HSW, secara umum performa kamera V9 termasuk cukup bagus. Tidak bisa dibilang buruk, belum layak pula disebut prima. Puluhan foto yang disajikan di pecahan bawah halaman ini akan membantu pembaca mendapat citra lebih jelas.

Efek bokeh yang bisa diatur sebelum maupun setelah pemotretan, beberapa kali terlihat kurang rapi. Saat berswafoto, kamera depan V9 seyogianya tidak menentang lampu atau sumber cahaya lain. Sebab, cahaya itu akan terlihat berpendar alias nge-flare dan mengganggu tampilan keseluruhan foto.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Kompas, radio FM yang siarannya bisa direkam, USB On-The-Go (USB OTG), Wi-Fi, bluetooth, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain V9. Memori bawaan ponsel itu terdiri atas RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, kapasitas memori internal masih tersisa 49,81 GB.

Beberapa aplikasi telah ditanamkan ke ponsel itu berdimensi fisik 154,81 x 75,03 x 7,89 milimeter dan berat 150 gram itu. Di antaranya, Babe, Baca, Facebook, Lazada, UC Browser, WhatsApp, dan WPS Office. Sebagian aplikasi tersebut bisa dihapus, sebagian lagi tidak bisa dihapus.

Bagi HSW, Babe yaitu aplikasi yang paling mengesalkan. Selain tak bisa dienyahkan maupun dinonaktifkan, aplikasi itu sering memunculkan notifikasi artikel yang tergolong clickbait.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Tersedianya fitur app clone memungkinkan pengguna meniru aplikasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Contohnya, pengguna bisa mengaktifkan dua akun WhatsApp di satu ponsel. Aplikasi yang dikloning tak bisa ditambah sesuka hati. Aplikasi Lazada dan Twitter, misalnya, tidak sanggup digandakan.

Kalau di India V9 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 626, di Indonesia ponsel bertipe sama menggunakan prosesor delapan inti (octa core) Snapdragon 450 berkecepatan 1,8 GHz. Di atas kertas, performa Snapdragon 450 lebih rendah daripada Snapdragon 626. Kondisi itulah yang dipermasalahkan warganet.

Saat menghadiri peluncuran V9, HSW pun sempat mempertanyakan hal tersebut. Fachryansyah Farandi, General Manager for Digital and Partnership PT Vivo Mobile Indonesia, mengungkapkan pemakaian Snapdragon 450 diputuskan menurut riset. “Riset pasar yang kami lakukan mengatakan kebutuhan konsumen di Indonesia lebih ke Snapdragon seri 400,” katanya.

Dalam pantauan HSW, V9 yang kini dijual Rp3,799 juta bukanlah satu-satunya ponsel ber-Snapdragon 450 yang beredar resmi di Indonesia. Xiaomi Redmi 5 dan Samsung Galaxy A6+ juga memanfaatkan chipset tersebut. Namun, nasib Galaxy A6+ yang dibekali RAM 4 GB dan ROM 32 GB itu lebih beruntung. Kendati dibanderol Rp4,899 juta alias lebih mahal daripada V9, ia sepi dari gunjingan.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Merujuk kepada uji pakai, V9 dengan Snapdragon 450 sehari-hari tetap nyaman digunakan. Ponsel terasa gegas, termasuk ketika diajak menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Perpindahan antaraplikasi sanggup dilakukan dengan lancar. Walaupun demikian, tak bisa disangkal kalau ia tak semantap Motorola Moto Z2 Play dengan Snapdragon 626 yang pernah HSW gunakan.

Hal lain, beberapa kali layar V9 kurang merespons sentuhan jari HSW. Setelah dicermati, diduga, kemudian dibuktikan, pemicunya ternyata pelindung layar bawaan yang semenjak awal telah melekat. Ketika selembar pelindung layar (screen protector) itu dilepas, responsivitas layar eksklusif terasa meningkat.

Baterai tanam berkapasitas 3.260 mAh menjadi pemasok daya V9. Dengan sikap pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang hingga penuh baterai itu sanggup menyiagakan ponsel selama rata-rata 14 jam. Dua nomor dalam kondisi aktif. Salah satu di antaranya berada di jaringan 4G LTE dan rutin digunakan.

***

Selama menggunakan V9 sebagai ponsel utama, ada satu catatan positif yang patut dikupas lebih dalam. Vivo menyediakan bermacam-macam fitur remeh temeh yang bila diakumulasikan akan mempermudah pengguna dalam mengoperasikan ponselnya. Bila dicermati, sebagian fitur personalisasi ponsel itu bekerjsama sanggup pula ditemukan di ponsel lain.

Mari kita mencobanya dalam beberapa skenario pemakaian. Pertama, anggaplah ponsel sedang tergeletak di meja. Anda ingin mengetahui kini pukul berapa, sekaligus mengecek kalau-kalau ada panggilan masuk yang tidak terjawab. Cara yang konvensional yaitu menekan tombol power.

Asalkan sudah mengaktifkan fitur black screen glance di dalam sajian settings, smart motion, kemudian air operation, pengguna V9 mempunyai alternatif lain. Sapukan telapak tangan ke pecahan atas ponsel dengan jarak sekitar tiga sentimeter. Layar ponsel akan menyala. Waktu terkini dan jumlah panggilan masuk tak terjawab bakal ditampilkan.

Kedua, ponsel tergeletak di meja. Anda kini ingin mengoperasikannya. Ambillah ponsel itu kemudian arahkan ke wajah. Ponsel eksklusif siap pakai. Selesai berponsel, ketuklah permukaan layar dua kali. Layar ponsel impulsif padam dan terkunci.

Kalau direka ulang dalam gerakan lambat, proses terbuka layarnya itu sebetulnya terdiri atas dua tahap. Ketika ponsel diangkat dari meja, layar ponsel otomatis menyala. Fitur face unlock kemudian mengenali wajah Anda secara cepat sehingga pengunci layar terbuka.

Untuk menikmati skenario pemakaian kedua itu, pastikan fitur face unlock telah diaktifkan dan pengguna tidak berada di lokasi yang temaram. Sebelumnya pengguna juga wajib mengaktifkan fitur raise to wake dan double tap to turn off screen yang terletak di sajian settings, smart motion, kemudian smart turn on/off screen.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Masih banyak akomodasi lain yang bisa ditemukan di V9. Sensor sidik jari, contohnya, bukan hanya berfungsi sebagai pembuka ponsel yang terkunci. Ia sanggup menampilkan baris notifikasi pula. Kala kamera sedang aktif, sentuhan jari di sensor sidik jari akan berfungsi sama dengan menekan tombol rana (shutter button) kamera. Jepret! Aktivitas berswafoto jadi lebih nyaman deh.

Pengguna leluasa mengatur susunan tombol navigasi di pecahan bawah layar. Mau tombol back berada di ujung kiri? Bisa. Lebih suka tombol back terletak di ujung kanan? Bisa juga.

Sementara itu, hanya dengan mengaktifkan fitur flashlight notification, lampu kilat kamera V9 akan berkedip-kedip ketika ada panggilan telepon atau SMS masuk. Pengguna yang sehari-hari mengendarai motor tak ada salahnya mencoba mode motorbike. Ketika sedang berkendara, seluruh notifikasi akan nonaktif. Panggilan telepon masuk otomatis ditolak dan penelepon akan memperoleh pemberitahuan via SMS.

Tak ada pemilik ponsel yang mengharapkan gawai kesayangannya rusak. Seandainya hal itu terjadi, melalui sajian settings, more settings, kemudian after-sales service, pengguna bisa mengetahui daftar alamat sentra perbaikan resmi Vivo terdekat. Proses klaim garansi mestinya sanggup dilakukan tanpa perlu mengatakan fisik kartu garansi. Pengguna cukup mengakses sajian settings, more settings, kemudian e-warranty card.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

***

Kesimpulan versi HSW, setelah menguji coba V9, ponsel itu tidak seburuk yang dituduhkan warganet. Secara umum kinerjanya cukup bagus, walaupun tak bisa dimungkiri ada satu dua hal yang sanggup mengurangi daya tarik.

V9 ditawarkan dalam empat pilihan warna: hitam, emas, biru, dan merah. Kalau Anda kelak memutuskan membeli ponsel itu, HSW merekomendasikan Anda menentukan warna biru atau merah.

Birunya terlihat mewah, tetapi sidik jari sangat gampang menempel dan mengotori permukaannya. Karena itu, sebaiknya Anda selalu memadukan V9 biru dengan jelly case transparan yang disertakan dalam paket penjualan.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Warna merah tak kalah elok dan elegan. Kelebihan varian warna itu, permukaannya tidak fingerprint magnet. Sidik jari takkan mengotori bodi ponsel, walaupun Anda sehari-hari memakainya tanpa memasangkan jelly case.

V9 warna hitam paling tidak disarankan alasannya tampilan ponsel cenderung terlihat plastik banget. Silakan membuktikannya dengan melihat unit peraga (live demo unit) gerai penjualan ponsel.

***

Berikut kumpulan foto yang dihasilkan kamera V9. Olah digital yang dilakukan hanya memperkecil ukuran file biar lebih ringan kala diakses. Tanda air (watermark) di sisi kiri bawah foto sanggup diaktifkan maupun dinonaktifkan eksklusif dari sajian kamera.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Dua foto patung di bawah ini dijepret pada sore hari, menjelang pukul 17.30.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Satu foto berikut dijepret dengan memanfaatkan perbesaran digital (digital zoom).

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

April lalu, ketika makan siang di Pulau Bintan, beberapa kali HSW mendengar pramusaji berkata, “Teh obeng satu!” kepada rekannya di dapur. Karena ingin tau HSW memesan minuman tersebut. Ternyata… teh obeng yaitu istilah yang lazim digunakan di Kepulauan Riau untuk menyebut es teh manis. ??

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Adakah yang janggal dengan foto berikut?

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Kamera V9 dilengkapi dengan mode portrait bokeh. Bagaimana hasilnya?

Foto ini dijepret menggunakan mode normal.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Kini mode portrait bokeh diaktifkan.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Mode portrait bokeh lagi. Kalau diteliti, ada pecahan yang terlihat kurang rapi dan akurat.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Tingkat bokeh sanggup diatur pengguna sebelum maupun setelah pemotretan. Foto dengan latar belakang bokeh pun sanggup diubah menjadi tanpa bokeh. Inilah contohnya.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Sekarang saatnya menjajal kamera depan V9.

Mode normal.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Mode portrait bokeh.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Mode normal. Face beauty AI nonaktif.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Mode portrait bokeh. Face beauty AI nonaktif.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Face beauty AI aktif. Portrait bokeh nonaktif. Bandingkan pipi HSW dengan dua foto di atas.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Face beauty AI aktif. Portrait bokeh juga aktif.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Contoh hasil swafoto plus AR sticker.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

 program tersebut disiarkan eksklusif oleh  Review Vivo V9: Rutin Dirundung Sejak Diluncurkan

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to email this to a friend (Opens in new window)